InnovAstra Hasilkan 7.390.385 Proyek, InnovNation Tampilkan 6 Narasumber Inspiratif
Share

Siaran Pers

InnovAstra Hasilkan 7.390.385 Proyek, InnovNation Tampilkan 6 Narasumber Inspiratif

JAKARTA: Tidak ada bisnis mampu bertahan lama tanpa melakukan inovasi. Inovasi adalah kunci utama agar bisnis dapat terus berkembang secara berkelanjutan dan mendapatkan pangsa pasar baru. Inovasi tak sekadar ide, melainkan perpaduan antara kreativitas dan aksi.

“Saat ini, seluruh perusahaan dituntut untuk terus berinovasi. Mereka yang menolak untuk berinovasi, pada akhirnya akan bubar. Tanpa inovasi yang baik, sebuah perusahaan tidak akan selamanya berada di atas. Inovasi adalah harga mati yang tidak bisa ditawar. Kalau tidak, kita akan hilang dan hanya tinggal nama. Sebagai informasi bagi kita, daftar perusahaan dalam Fortune 500 pada tahun 1955, setelah 60 tahun kemudian, yaitu tahun 2014 hanya tinggal 61 perusahaan atau 12,2%,” tutur Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto saat membuka InnovNation.

Sebagai perusahaan yang baru saja merayakan HUT ke-60 pada Februari 2017, Astra sejak lama menyadari bahwa pencapaian kinerja perusahaan yang baik tidak lepas dari inovasi yang dilakukan secara berkelanjutan. Karena itulah, dalam hal inovasi, Astra sejak tahun 1980 telah melaksanakan sebuah kompetisi inovasi, yakni InnovAstra, sebagai wujud apresiasi bagi para inovator di Grup Astra.

Memasuki tahun pelaksanaan ke-33, InnovAstra tahun ini mengambil tema “Building Up Our Natural Capabilities”. Seiring dengan perayaan HUT ke-60 Astra, pelaksanaan InnovAstra pada tahun ini untuk pertama kalinya juga dimeriahkan dengan seminar InnovNation.

Seminar InnovNation ini bertujuan berbagi pengetahuan dan best practice yang telah dilakukan Grup Astra kepada masyarakat secara luas, seperti akademisi, pelaku bisnis dan komunitas tentang bagaimana cara mengembangkan kompetensi untuk menjadikan perusahaan unggul serta memiliki kualitas kelas dunia.

Seminar InnovNation yang diadakan pada hari ini (15/3) mengangkat berbagai jenis inovasi inspiratif yang telah dilakukan Astra di berbagai bidang, yakni inovasi brand, layanan, customer engagement, network, struktur serta process innovation.

Strategi 6 inovasi tersebut diceritakan oleh 6 narasumber, yakni Wakil Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Johannes Loman (tentang inovasi brand), Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Wiwiek D. Santoso (inovasi layanan) dan Chief Executive PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation Agus Prajitno mengenai inovasi customer engagement.

Tiga narasumber lainnya adalah Chief Executive PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation Sigit P. Kumala (inovasi network), Presiden Direktur PT Astra Sedaya Finance Jodjana Jody (inovasi struktur) dan Presiden Direktur PT Pamapersada Nusantara Frans L. Kesuma (process innovation).

Berikut rincian strategi 6 inovasi yang dikupas dalam seminar InnovNation:

Inovasi Brand

Johannes Loman berbagi kisah inspirasi bagaimana AHM membuat tagline Satu Hati (One Heart). Satu Hati, yang dikenalkan kepada masyarakat pada Agustus 2010, merupakan sebuah spirit baru bagi Honda Motor dan konsumennya yang telah bersama-sama dalam waktu yang panjang.

Konsumen dan Honda Motor telah saling menginspirasi dalam mewujudkan mimpi dan menaklukkan segala tantangan dalam satu visi. Kesadaran terhadap kebersamaan inilah yang melatarbelakangi lahirnya Satu Hati dalam meraih mimpi.

Inovasi Layanan

Pada kesempatan ini, Wiwiek D. Santoso menceritakan komitmen MMS dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Hal ini selalu melandasi semangat dalam melakukan perbaikan dan pengembangan inovasi serta model bisnis. Meskipun jalan tol merupakan sektor infrastruktur, MMS selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk pengguna jalan.

Inovasi Customer Engagement

Agus Prajitno juga berbagi strategi bagaimana Astra International-Toyota Sales Operation (Auto2000) mendatangkan servis purna jual ke lokasi pelanggan, membuat digitalisasi data pelanggan untuk memberikan pengingat bagi pelanggan, memudahkan pelanggan melakukan booking servis langsung dari telepon genggam pelanggan dan memberikan penawaran dan promo khusus bagi pelanggan Auto2000. Selalu mencari tahu harapan pelanggan dan senantiasa berinovasi untuk melampaui harapan pelanggan, menurut Agus adalah dua kunci utama dalam menciptakan layanan purna jual yang memuaskan pelanggan.

Inovasi Network

Sigit P. Kumala berbagi strategi bagaimana Astra International-Honda Sales Operation (Astra Motor) mengembangkan kualitas jaringan untuk mencapai kinerja terbaik dan hal itu menjadi salah satu kunci kesuksesan Astra Motor. Untuk itu, diperlukan komitmen, penyelarasan dan perbaikan secara berkesinambungan dengan berorientasi pada konsumen.

Inovasi Struktur

Jodjana Jody menceritakan bagaimana sebuah inovasi dilakukan untuk mengantisipasi masalah atau tantangan yang diprediksi akan muncul pada masa mendatang. Jika inovasi ini dilakukan secara tepat dan kreatif, dampaknya akan luar biasa.

Inovasi Proses

Frans L. Kesuma pada kesempatan ini berbagi strategi Pamapersada (kontraktor tambang batu bara di Indonesia) dalam membuat integrasi strategi keseluruhan proses dengan inovasi. Kunci utama dalam berinovasi adalah konsisten, namun tetap waspada dan selalu melibatkan seluruh komponen organisasi. “Jangan pesimis saat menghadapi situasi sulit, namun jangan overconfidence bila situasinya terlihat mudah,” pesan Frans.

Pemenang InnovAstra 2017

Pada saat bersamaan, InnovNation juga memberikan penghargaan kepada para pemenang kompetisi InnovAstra yang telah dilaksanakan sebelumnya (9/3).

Sugestion System

Juara 1 Johan Feriyadi - PT Kayaba Indonesia

Juara 2 Mukhit Tobroni - PT Astra Daihatsu Motor

Juara 3 Mukhtar Mubarok - PT Pamapersada Nusantara

Quality Control Circle (Non Tehnik)

Juara 1 QCC The Blackbird - PT Pamapersada Nusantara

Juara 2 Intel - PT Astra Daihatsu Motor

Juara 3 Neo Logic - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Quality Control Circle (Tehnik)

Juara 1 Astra Jishma - PT Astra Daihatsu Motor

Juara 2 Vision - PT Astra Honda Motor

Juara 3 Papres (Pacu Prestasi) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Quality Control Project

Juara 1 The A Team - PT Pamapersada Nusantara

Juara 2 Metamorph - PT Astra International Tbk - Honda Sales Operation

Juara 3 Bimasakti - PT Marga Mandalasakti

Special Recognition X-Pro - PT United Tractors Pandu Engineering

Business Perfomance Improvemnet

Juara 1 Astra Daihatsu Sigra - PT Astra Daihatsu Motor

Juara 2 A Plus - PT Pamapersada Nusantara

Juara 3 F2MAC Team - PT United Tractors Tbk

Special Recognition Napster Team - PT Federal International Finance

Value Chain Innovation

Juara 1

On Road Winning Team - PT United Tractors Tbk, PT Andalan Multi Kencana, PT Astra Otoparts Tbk, PT Denso Sales Indonesia, PT Surya Artha Nusantara Finance, PT United Tractors Pandu Engineering

Juara 2

Ageless - PT Pamapersada Nusantara, PT Komatsu Remanufacturing Asia, PT United Tractors Tbk, PT Universal Tekno Reksajaya

Juara 3

Noah - PT Pamapersada Nusantara, PT Andalan Multi Kencana, PT Century Batteries Indonesia, PT Komatsu Remanufacturing Asia, PT United Tractors Tbk

Special Recognition

Care with One Heart - PT Astra Honda Motor, Yayasan Dharma Bhakti Astra


Melalui InnovAstra, seluruh unit bisnis Astra diharapkan dapat terus mempromosikan inovasi di dalam perusahaan dan memperkuat natural capabilities atau kapabilitas internal perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis yang akan datang. Dengan semakin kuatnya natural capabilities sebagai sebuah kelompok usaha, Astra diharapkan semakin mampu bersaing, bertumbuh secara positif sekaligus siap untuk menyongsong lanskap bisnis yang baru.

Ada lima kategori yang dilombakan dalam ajang InnovAstra setiap tahunnya. Pada tahun 2017 ini, rincian proyek-proyek InnovAstra adalah sebagai berikut:

  1. Kategori Suggestion System (SS) atau Sistem Saran adalah improvement dan inovasi kategori individu menghasilkan 688.129 proyek.
  2. Kategori Quality Control Circle (QCC) merupakan improvement dan inovasi kategori tim dalam satu departemen menghasilkan 9.203 proyek.
  3. Kategori Quality Control Project (QCP) adalah improvement dan inovasi kategori tim lintas departemen dalam satu divisi menghasilkan 1.309 proyek.
  4. Kategori Business Performance Improvement (BPI) adalah improvement dan inovasi kategori tim lintas divisi dalam satu perusahaan menghasilkan 96 proyek.
  5. Kategori Value Chain Innovation (VCI), yang baru dimulai sejak tahun 2013, adalah improvement dan inovasi kategori tim lintas perusahaan menghasilkan 19 proyek.

Total proyek yang dihasilkan dari lima kategori di atas mencapai 698.756 proyek.

Secara total, dari awal pelaksanaan pada tahun 1980 hingga tahun ini, InnovAstra telah menghasilkan proyek dengan jumlah cukup banyak dari setiap kategori dengan perinciannya sebagai berikut:

  1. Kategori Suggestion System (SS) atau Sistem Saran hingga saat kini menghasilkan 7.289.890 proyek.
  2. Kategori Quality Control Circle (QCC) hingga saat ini menghasilkan 90.017 proyek.
  3. Kategori Quality Control Project (QCP) hingga saat kini menghasilkan 9.787 proyek.
  4. Kategori Business Performance Improvement (BPI) hingga saat ini menghasilkan 576 proyek.
  5. Kategori Value Chain Innovation (VCI), hingga saat ini telah menghasilkan 115 proyek.

Sementara itu, jumlah total proyek dari seluruh kategori sejak awal pelaksanaan, yaitu tahun 1980, hingga tahun 2017 adalah 7.390.385 proyek.

Astra Award

Dalam acara InnovAstra, apresiasi Astra Award diberikan kepada perusahaan Grup Astra yang menunjukkan kinerja terbaik dalam berbagai aspek. Tidak hanya menilai perusahaan dari kinerja bisnis, Astra Award juga menilai perusahaan terbaik berdasarkan prinsip 3W (Worship, Wealth and Warfare) yang diyakini kolaborasi ketiganya dapat menjadikan suatu perusahaan unggul dalam persaingan bisnis.

Pemenang Astra Award 2017

Juara Kategori 1: PT Astra International Tbk – Toyota Sales Operation

Juara Kategori 2: PT Toyota Astra Financial Services

Juara Kategori 3: PT Asmin Bara Bronang

Juara Kategori 4: PT Fuji Technica Indonesia

Astra Green Company (AGC) dan Astra Friendly Company (AFC)

Selain memberikan apresiasi kepada para pemenang InnovAstra dan Astra Award, InnovAstra juga menyerahkan apresiasi berupa AGC dan AFC kepada perusahaan Grup Astra. AGC memuat kriteria di bidang Pengelolaan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (LK3) dan bertujuan untuk mencapai operasi bisnis yang ramah lingkungan dan keberlanjutan di tiap-tiap bisnis dan operasi Grup Astra.

AFC merupakan bentuk kerangka panduan komprehensif Grup Astra mengenai penerapan sistem manajemen, implementasi dan metode pengukuran program pengembangan berkesinambungan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility.

Pemenang AGC & AFC

AGC

AFC

Cleaner Production & Pollution Prevention Category: PT Astra Agro Lestari Tbk

Community Health Category: PT Asmin Bara Bronang

Occupational Health & Safety Category: PT Aisin Indonesia

Conservation & Biodiversity Category: PT Astra Honda Motor

Universal Primary Education Category: PT United Tractors Tbk

Income Generating Activities Category: PT Prima Multi Mineral