Astragraphia
Share

Astragraphia

Pertumbuhan lini bisnis yang kuat sejalan dengan berkembangnya kebutuhan bisnis dan gaya hidup masyarakat modern akan solusi dokumen, informasi dan teknologi informasi.

Rantai usaha Teknologi Informasi milik Grup Astra menawarkan solusi bisnis berbasis Document, Information, & Communication Technology (DICT) yang dijalankan oleh PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia), anak perusahaan dengan porsi kepemilikan Astra sebesar 76,9% yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan total kapitalisasi pasar pada akhir tahun 2013 sebesar Rp 2,3 triliun.

Solusi dokumen dikelola secara langsung oleh Astragraphia bersama mitra strategis Fuji Xerox, dengan menyediakan 4 portofolio produk, yaitu office, production, printer dan global services. Astragraphia memiliki dua anak perusahaan, yaitu PT Astragraphia Information Technology (AGIT) yang menggandeng perusahaan TI terdepan seperti SAP, Oracle, HP, IBM, Microsoft, dan Cisco untuk memberikan jasa solusi ICT yang terdiri dari ICT reseller, professional services, network solution dan outsourcing, dan PT AGIT Monitise Indonesia (AMI) yang menawarkan mobile financial platform services yang mendukung seluruh rentang solusi mobile di industri keuangan.

teknologi informasi

Astragraphia memasarkan produk-produk DICT melalui 29 kantor cabang dan 81 titik layanan di Indonesia. Pada tahun 2013, dilakukan penambahan dua cabang baru melalui pemisahan cabang yang sudah berjalan dan peningkatan status titik layanan menjadi cabang di Jakarta dan Manado, untuk memperkuat daya jual dan pelayanan kepada pelanggan. Jaringan distribusi juga ditunjang oleh Customer Call Center sebagai pusat layanan pelanggan yang secara efektif memberikan solusi untuk semua kerusakan atau permasalahan produk di semua lokasi pelanggan di seluruh Indonesia. Astragraphia juga memantau kepuasan pelanggan dengan sistem berdasarkan ISO 9000:2000.

Secara luas, segmen DICT melayani seluruh segmen pasar ritel, korporasi dan pemerintahan, walaupun Astra lebih memfokuskan bisnis pada pelanggan korporasi, khususnya dalam bidang ICT, dengan konsep penyediaan solusi yang terintegrasi. Selain itu, Astragraphia juga berperan dalam sinergi pengelolaan ICT dalam Grup Astra, dengan menyediakan kebutuhan ICT, termasuk gadget, notebook, server, network, perangkat lunak sistem operasi, sebagai business enabler pada jajaran perusahaan Astra, sehingga dalam lingkup Grup Astra dapat diwujudkan investasi teknologi yang terkoordinasi dengan harga yang lebih murah dan produk yang optimal untuk hasil operasional yang handal. Untuk menunjang hal ini, baik Astragraphia maupun AGIT sejak tahun 2012 memiliki divisi khusus yang berkonsentrasi untuk mengoptimalkan pelayanan dan membangun peluang sinergi dalam internal Grup Astra.

Secara pangsa pasar, untuk portofolio produk office Astragraphia diperkirakan menguasai pangsa pasar sebesar 28% berdasarkan shipment sesuai data IDC, sebesar 39% untuk portofolio production yang dihitung berdasarkan data pasar instalasi unit dibandingkan dengan total unit sejenis dari berbagai merek, dan sebesar 15% untuk produk printer berdasarkan shipment sesuai data IDC.